India, Tak Seindah dalam Film

OLYMPUS DIGITAL CAMERAFilm dan drama India kembali marak di TV Indonesia. Sebut saja Kisah epik Mahabharata dan Jodha Akbar yang kembali tayang di salah satu stasiun TV swasta. Meskipun tak terlalu mengekspose keindahan India karena film itu bersetting kisah jaman dahulu. Tetap saja semarak warna-warni serta keelokan rupa pemainnya tak ayal menjadikan film itu mampu merebut hati pemirsa TV. Bukan itu saja, film-film yang pernah menjadi box office di Indonesia ikut mempersembahkan keindahan negeri Bollywood. Contohnya film Kuch Kuch Hota Hai dan Mohabbatein. Barisan pegunungan berbalut salju, padang rumput hijau, aliran sungai  berair jernih seakan menjadikan India laksana negeri dongeng. Namun benarkah India seindah itu?  Simak catatan perjalanan selama mengunjungi salah satu kota di India yang juga menjadi kota terpadat di dunia, Kolkata.

OLYMPUS DIGITAL CAMERASelepas dari Kashmir , New Delhi dan Agra, aku terbang ke Calcutta (Orang India lebih senang menyebutnya Kolkata). Pesawat yang aku tumpangi akan transit selama 15 jam sebelum terbang ke Kuala Lumpur. Waktu yang cukup panjang dapat digunakan menjelajahi Kolkata. Salah satu tempat yang cukup terkenal dan menjadi Landmark kota Kolkata menjadi tujuanku, Jembatan Howrah. Aku akan menyajikan gambar-gambar kehidupan di sekitar jembatan yang aku saksikan dengan berjalan kaki, naik taxi kuning kolkata yang terkenal itu, serta naik bus kota. Apakah India masih seindah yang terlihat di film?

14072328281734158452Usai menyimpan barang bawaan di hotel dekat Howrah Bridge, dengan bermodalkan kamera pocket aku melangkah keluar menuju jembatan. Suara hiruk pikuk kendaraan dan orang lalu lalang di tengah panas terik di Jembatan Howrah menyambut. Di timpali suara pengumuman kereta api yang membuat telinga pekak. Tak heran karena jembatan howrah terletak tak jauh dari stasiun kereta api. Suasananya asli, bising!

Beberapa saat sebelum memasuki area jembatan, pemandangan terminal bus dan rickshaw (bemo ala India) menyambut dengan raungan klakson dan teriakan para kondektur, mirip terminal bus di Indonesia. Pedagang asongan mulai buah-buahan hingga peralatan dapur menggelar dagangan mereka di sisi jembatan. Tak ketinggalan beberapa tunawisma sedang bermimpi indah. Bahkan ada juga pedagang yang melakukan aktifitas keduanya sekaligus, berdagang sambil tidur…nah loh..

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Sungai di Kolkata

Hiruk pikuk orang lalu lalang beradu suara klakson kendaraan bersahut-sahutan ibarat sebuah harmoni alam kehidupan mendominasi jembatan Howrah ini. Melongok ke bawah, air warna kecoklatan mirip kopi susu mengalir dengan tenang yang di manfaatkan oleh sebagian orang untuk mengatasi rasa panas menyengat dengan……. mandi! Wueeekkkk…..

1407232912714614812
Setiba di ujung jembatan, aku melongok ke bawah.Tampak pasar nan kumuh, menjual hasil kebun dan bunga warna warni yang digunakan oleh orang india ke kuil. Rangkain bunga berbentuk kalung berwarna kuning dan orange cukup menjadi ‘pemanis’ suasana pasar yang kelam oleh debu dan sampah. Uniknya lagi, beberapa dokar/bendi masih ditarik oleh manusia.

OLYMPUS DIGITAL CAMERASelepas menyusuri jembatan, aku menyetop taxi berwarna kuning menuju ke Victoria memorial Park. Pulangnya aku memilih menggunakan bis kota.  Dengan menumpangi kendaraan rakyat itu, aku memiliki kesempatan untuk ‘menikmati’ denyut nadi kehidupan masyarakat kota Kolkata dan India yang jumlahnya sudah mencapai angka lebih dari 1 Milyar.

Jika anda yang bermukim di Jakarta sering mengeluh dengan suasana macet, silahkan ke India khususnya Kolkata. Percayalah, setelah pulang anda akan merasa sangat bersyukur tinggal di Jakarta.

Jika suatu saat punya rejeki berkunjung ke Kolkata, aku mau saran 1 hal. “Jangan sekali-kali masuk ke toilet umum!”

14072330291885217594
Advertisements

2 thoughts on “India, Tak Seindah dalam Film

  1. Maraza

    Penasaran dengan peringatan di akhir tulisan… Tapi India memang tidak sebagus di film. Kata seorang teman yang pernah ke sana atau yang saya lihat di NatGeo India itu kumuh lebih parah dibanding Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s